Inagurasi Peresmian Fasilitas Air Bersih AWS & Kick-off Program Pencegahan Stunting

Inagurasi Peresmian Fasilitas Air Bersih AWS & Kick-off Program Pencegahan Stunting

Habitat for Humanity Indonesia bersama AWS inCommunities menggelar inagurasi peresmian fasilitas air bersih AWS disertai Kick-off program pencegahan Stunting sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan pengembangan masyarakat di Karawang pada 26 Februari 2024 lalu. Acara tersebut dihadiri langsung oleh ketua BAPPEDA Karawang, Dindin Rachmadhy, perwakilan pemerintah setempat, Kevin Miller, Vice President Global Data Centers AWS, beserta jajaran pimpinan AWS, Habitat Indonesia, Human Initiative, Alkademi, serta masyarakat penerima manfaat.

Dimulai sejak 2022, program pengembangan masyarakat yang dilakukan AWS dan Habitat telah mencangkup lebih dari 14 desa di Kabupaten Karawang dan lebih dari 15.000 warga terlayani sejauh ini. Selain itu AWS dan Habitat juga berkolaborasi dengan Alkademi dalam penyediaan sistem ATM Air Bersih bagi warga di Kabupaten Karawang.

Inovasi ATM Air Bersih yang bernama ARSAKA (Air Bersih untuk Masyarakat Karawang) ini merupakan salah satu proyek digital Alkademi yang sedang dikembangkan bersama AWS. Melalui sistem yang modern serta mudah pengaplikasiannya ini, berharap warga dapat memiliki akses air bersih dengan lebih cepat dan praktis. Kevin Miller menuturkan “untuk pertama kalinya, fasilitas ini telah dipasang kios air, untuk membantu masyarakat mendapatkan air dengan mudah, hanya dengan kode pin. Air bersih sangat penting untuk menjadi sehat dan berkembang, oleh karena itu hal ini sangat penting untuk dilakukan.” Ujarnya.

Serah terima fasilitas air bersih tersebut secara simbolis ditandai dengan pengguntingan pita serta pemberian mockup oleh Kevin Miller kepada Dindin Rachmadhy, selaku ketua BAPPEDA Karawang di acara inagurasi yang di gelar di Desa Margamulya (26/02/2024).

Menyadari betul air merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, AWS berkomitmen untuk selalu memperbaiki maupun meningkatkan kehidupan masyarakat di setiap lokasi operasional AWS melalui penyediaan fasilitas air bersih. Per 2022, Karawang masih tercatat sebagai daerah yang tinggi tingkat stuntingnya. Hal ini disebabkan kurangnya sumber air bersih dan penggunaan air kotor yang bersumber dari sungai. Dalam program pencegahan Stunting ini, AWS menggandeng Human Initiative sebagai mitra dalam membangun kesadaran kolektif terhadap upaya peningkatan program kesehatan anak di Karawang melalui Stunting Management Program, mengingat isu Stunting masih menjadi tantangan di Negeri ini. Vice President Operations Human Initiative, Romi Ardiansyah memaparkan bahwa “Salah satu target kami adalah memberikan Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada 140 anak didukung oleh edukasi kepada Ibu dan anak-anak akan pengetahuan nutrisi yang baik dan seimbang.” Ungkapnya.

Rene Indiarto Widjaja, Ketua Dewan Pengawas Habitat Kemanusiaan Indonesia menuturkan bahwa “Hingga kini, AWS telah membantu membangun 6 fasilitas titik air bersih, 3 unit toilet umum, 9 unit fasilitas sekolah, 4 posyandu dan 1 puskesmas di Karawang. Juga memberikan 5 tipe pelatihan yang berhubungan dengan kepemimpinan pemuda, kejuruan, promosi hygiene dan gaya hidup sehat, digitalisasi usaha mikro, serta manajemen risiko bencana yang diberikan kepada lebih dari 550 peserta.” Ungkapnya.

Inagurasi peresmian fasilitas air bersih AWS dan Kick-off program pencegahan Stunting diramaikan dengan sambutan tarian selamat datang oleh siswi SDN 01 Margakaya. Selain menggelar acara serah terima di inagurasi tersebut, selanjutnya pimpinan AWS bersama jajarannya melakukan kegiatan pembangunan toilet sekolah empat pintu dan pengecatan kelas SDN 01 Margakaya.

“Hadirnya Habitat Indonesia, Alkademi, dan juga Human Initiative, Alhamdulillah, manfaatnya terasa betul bagi kami. Kami selaku perwakilan pemerintah mengucapkan terima kasih atas kesediannya membantu kami memfasilitasi akses air bersih, dan juga berkontribusi pada penanganan stunting di desa kami. Kami selaku penerima (bantuan) harus mampu memelihara apa yang sudah rekan-rekan Habitat dan AWS berikan.” Tutur Dindin Rachmadhy, Ketua Bappeda Karawang.